Selasa, 21 Januari 2014

ANALISIS SWOT PT. MULTI FURNITURE GLOBAL



ANALISIS SWOT PT. MULTI FURNITURE GLOBAL


                       Fakator Eksternal



          Faktor Internal


                                 Opportunity (O)

1.      Terbukanya pasar ekspor, sehingga membuka peluang dari usaha furniture ini dan nantinya akan di kembangkan untuk masa mendatang.
2.      Pangsa pasar Indonesia sangat besar, sebagian penduduk terdiri dari menengah kebawah dan akan lebih potensial untuk berkembang.
3.      Maraknya pembangunan rumah hunian dan perkantoran, sehingga meningkatkan demand atas kebutuhan furniture.
4.      Perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga memudahkan dalam memperkenalkan dan mengembangkan produk secara lebih luas.
Threats (T)

1.      Persaingan dengan produk furniture murah yang di impor dari China dan Vietnam, dengan kualitas yang hampir sama dan harga lebih murah akan menarik minak konsumen.
2.      Krisis ekonomi global menurunkan permintaan konsumen.
3.      Tingginya harga bahan baku akibat pengaruh naiknya nilai tukar rupiah terhadap dollar.
4.      Perekonomian Indonesia belum stabil, tentu saja hal ini dikarenakan laju inflasi yang cukup tinggi.
Strenghts (S)

1.      Kualitas mutu yang terjaga, pengerjaan dilakukan dan juga diperhatikan agar produk yang dihasilkan lebih rapi, kuat dan tahan lama.
2.      Harga jual yang kempetitif, dapat bersaing dengan produk pesaing, agar pelanggan akan lebih diringankan dalam hal biaya dan perusahaan dapat menjaga angka penjualannya.
3.      Mempunyai tempat dan lokasi yang strategis, agar lebih memudahkan pemasaran produk.
4.      Sumber daya keuangan yang memadai, sehingga hal-hal yang bersifat financial perusahaan berjalan dengan lancar.
Strategi (S-O)

1.      Meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas mutu sumber daya manusia, baik dalam desain produk dan proses produksi dari tangan-tangan pekerja yang professional. (S1,S2,O1,02)
2.      Membuka lebih banyak  toko penjualan  dan menyediakan varian produk-produk yang terjangkau oleh konsumen sekitar. (S3,03)
3.       Memperluas daerah pemasaran dan jalur distribusi ke area geografis yang baru dan juga menyediakan pelayanan melalui media internet. (S4,04)
Strategi (S-T)

1.      Bersedia berkompetisi dengan competitor agar mengurangi para pesaing yang masuk dan juga akan meningkatkan pengetahuan baru dari berbagai competitor. (S1,S2,S3,T1)
2.      Menyediakan  persedian bahan baku sebanyak mungkin dalam kebutuhan masa panjang atau menegah atau hal-hal lain yang berpengaruh terhadap harga. (S4,T3,T4)
Weakness (W)

1.      Jaringan distribusi yang kurang luas, sangat terbatas hanya di beberapa kota besar yang ada di pulau jawa.
2.      Jenis kayu yang digunakan sangat terbatas, umumnya memakai bahan kayu karena maraknya kebakaran hutan dan penebangan liar.
3.      Tidak memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan, dimana kontak antara perusahaan dengan pelanggan hanya terjadi pada saat transaksi.
4.      Tenaga kerja yang professional  terbatas, akibatnya dalam pengerjaan proyek dari  konsumen membutuhkan waktu yang cukup lama
Strategi (W-O)

1.      Menambah unit alat-alat transportasi, yang bisa diandalkan dan mencapai berbagai jarak serta mencari relasi perusahaan yang bisa diajak untuk bekerja sama. (W1,O1)
2.      Memulai rencana untuk mempunyai lahan ataupun perkebungan milik perusahaan agar tidak tergantung dengan pihak lain. (W2,03)
3.      Meneydiakan event-avent tahunan disetiap took-toko penjualan, agar bisa menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan. (W3,O2)
4.      Menyediakan tempat pelatihan bagi para pekerja agar lebih terampil baik dalam penggunaan teknologi maupun proses –proses lainnya. (W4,O4)
Strategi (W-T)

1.      Lebih mengutamakan penambahan jalur distribusi dalam negri serta kualitas produk dibanding memikirkan pesaing asing. (W1,TI)
2.      Menyesuaikan jenis kayu serta design produk yang sesuai dengan harga atau anggaran konsumen. (W2,T2,T3)
3.      Membentuk suatu organisasi yang terbuka untuk para pelanggan maupun karyawan dalam bentuk kegiatan social. (W3,W4,T4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar