Sabtu, 01 November 2014

Ciri-Ciri Enterpreneur




Manusia diciptakan oleh  tuhan dimuka bumi untuk hidup saling berdampingan, saling menghormati dengan yang lain. Manusia diberi hati dan pikiran untuk bisa bertindak dan berusaha untuk mencapai segala keinginan maupun tujuannnya. Semangat, ilmu dan kesehatan yang diberikan seharusnya dimanfaatkan  semaksimalkan mungkin agar bisa memperoleh sesuatu nilai yang lebih baik, hal tesebut bersangkutan dengan  manusia dan bekerja. Hal ini membutuhkan suatu jiwa social yang tinggi agar semua tujuan tercapai suatu dalam berusaha. Usaha yang  terbaik adalah usaha milik sendiri, menciptakan lapangan usaha, agar kita bisa memperkerjakan orang lain di perusahaan kita sendiri. Hal seperti ini tentunya harus membutuhkan suatu jiwa individual yang bisa mengelola, mengatur dan mengarahkan usaha kearah yang lebih maju, sehingga menimbulkan usaha-usaha yang dramatik dalam lingkungan masyarakat publik. Oleh karena itu jiwa seorang entrepreneur sangat dibutuhkan dalam suatu kelompok usaha.
          Enterpreneur adalah wirausaha, menurut para ahli (Fadel Muhammad 1992) mengemukakan bahwa ciri seorang wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa kepemimpinan, daya inovasi, sikap terhadap perubahan, working smart, visi ke depan, dan berani mengambil risiko. Berdasarkan hal demikian dapat diasumsikan untuk menjadi entrepreneur membutuhkan pendidikan juga yang berorientasi pada usaha-usaha yang dikembangkannya. Pendidikan jiwa seorang calon entrepreneur dapat diperoleh dari pendidikan formal Maupun informal yang ada disekitarnya
Menurut Buchari Alma (2007:26) mengatakan bahwa entrepreneurship merupakan suatu kegiatan individual atau kelompok yang membuka usaha baru dengan maksud memperoleh keuntungan (laba), memelihara usaha itu dan membesarkannya, dalam bidang produksi atau distribusi barang-barang ekonomi atau jasa. Berdasarkan defenisi diatas dapat kita menyimpulkan sendiri bahwa entrepreneur adalah seorang individual yang membuka suatu usaha baru yang anggap mempunyai potensi untuk berkembang dan bisa menciptakan suatu lapangan kerja bagi orang lain dan menghasilkan profit ataupun keuntungan baginya. Adapun untuk ciri-ciri maupun karakteristik (menurut Winarto) dari jiwa seorang entrepreneur adalah sebagai berikut:
1.       Berani menghadapi resiko
artinya berani memulai sesuatu yang serba tidak pasti dan penuh risiko. Dalam hal ini, tentu tidak semua risiko yang diambil, melainkan    hanya risiko yang telah diperhitungkan secara cermat.
2.       Menyukai tantangan
Segala sesuatu yang dilihat sebagai tantangan bukan masalah. Perubahan yang terus terjadi dan zaman yang serba canggih menjadi motivasi kemajuan, bukan menciutkan nyali seorang entrepreneur unggulan.
3.     Punya daya tahan yang tinggi
Seorang entrepreneur harus banyak akal dan tidak mudah putus asa. Ia harus selalu mampu bangkit dari kegagalan dan tekun
4.     Punya visi jauh kedepan
Segala yang dilakukan punya tujuan jangka panjang meski dimulai dengan langkah yang amat kecil. Ia punya target untuk jangka waktu tertentu.
5.     Selalu berusaha memberikan yang terbaik
Entrepreneur akan mengarahkan semua potensi yang dimilikinya. Jika hal itu dirasa kurang, ia akan merekrut orang-orang yang lebih berkompeten agar dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggan.
Bedasarkan hal tersebut sikap dan jiwa seorang entrepreneur dimiliki oleh individu yang berfikir kreatif dan inovatif dalam organisasi dan lingkungannya. Sumber lain silahkan klik link berikut ini
Sumber: (elib.unikom.ac.id/.../jbptunikompp-gdl-ajigumilar-16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar